Yuk Kenalan dengan Hot Plate: Si Penjaga Kehangatan Sajian

14 Mar 2019

Pernahkah kamu menikmati makanan yang disajikan di hot plate?
Makanan yang disajikan di atas hot plate memang terasa lebih istimewa, ya. Karena hot plate membuat makanan terjaga hangatnya dan aroma yang menyebar dari makanan pun lebih menggugah selera. Kamu pasti jadi lebih nafsu makan bila menyantap sesuatu yang disajikan dengan hot plate.
Jika kamu berencana untuk membeli dan menggunakan hot plate di rumah, berarti kamu mesti mengenal perabot dapur ini dengan baik terlebih dahulu. Yuk pelajari dulu hal-hal penting seputar hot plate supaya nanti kamu bisa menggunakannya dengan benar:

Hot Plate Terdiri dari 3 Bagian

Walaupun bentuknya bervariasi, sebenarnya semua jenis hot plate memiliki 3 bagian yang sama. Sebuah hot plate terdiri dari piring besi yang bisa dipanaskan, pengungkit untuk memegang hot plate, dan tatakan kayu untuk meredam panas.

Cara Menggunakan Hot Plate yang Benar

Ternyata cara menggunakannya sangat mudah. Kamu hanya perlu memanaskan hot plate di atas kompor atau oven. Setelah panasnya maksimal, gunakan kain lap untuk memegang pengungkit hot plate dan meletakkannya pada tatakan kayu. Selanjutnya, kamu tinggal meletakkan makananmu di atas hot plate panas yang sudah siap. Aroma makanan yang mendidih pun jadi sangat menggiurkan. Segeralah sajikan di meja makan.

Kamu Juga Harus Belajar Mencuci Hot Plate

Hot plate adalah perabot dapur yang tidak mudah rusak kalau kamu selalu merawatnya dengan benar. Sesaat sebelum mencuci hot plate, siramkan dulu air panas pada permukaan hot plate-mu. Air panas berfungsi untuk melunturkan sisa lemak yang menempel pada hot plate. Kemudian kamu bisa segera mencuci hot plate seperti biasa dengan spons lembut dan sabun cuci piring. Jangan menggunakan sabut berbahan kasar yang bisa merusak tekstur hot plate, ya. Bilaslah hot plate dengan benar agar tidak ada sisa sabun yang tertinggal di permukaannya.
 
Nah, kalau sudah mengenal serba-serbi hot plate, sekarang saatnya kamu mencoba resep sederhana yang bisa disajikan di atas hot plate. Yuk coba bikin menu kailan hot plate yang lezat dan praktis ini!
 
Kailan Hot Plate
Bahan-Bahan :
2 ikat kailan yang sudah disiangi, cuci bersih lalu rebus sebentar
200 gr daging has dalam, iris halus
2 siang bawang putih, cincang halus
½ buah bawang bombay, iris berbentuk memanjang
1 buah paprika merah, iris berbentuk memanjang
1 sdm saus tiram
2 sdt kecap asin
1 sdm maizena, larutkan dengan 1 sdm air agar teksturnya mengental
1 sdm margarin untuk menumis
Garam, gula, dan merica secukupnya
Air secukupnya
 
Cara Membuat :

  • Tumislah bawang putih dan bawang bombay dengan margarin sampai layu dan aromanya harum. Kemudian tambahkan irisan paprika dan tumis kembali selama beberapa saat.
  • Masukkan daging dan masaklah hingga daging berubah warna. Setelah daging mulai matang, tambahkan saus tiram, kecap asin, garam, gula, dan merica.
  • Tuangkan sedikit air dan masak hingga daging matang. Jika daging sudah matang dan airnya menyusut, segera tambahkan larutan maizena agar kuah menjadi kental.
  • Panaskan hot plate dan letakkan kailan rebus di atasnya. Terakhir, segera tuangkan tumisan daging di atas hot plate tersebut.
  • Kailan hot plate siap disajikan dalam keadaan hangat.