Cara Tepat Menyimpan Tahu Agar Tak Mudah Basi

14 Mar 2019

Tahu merupakan salah satu olahan kedelai yang lezat dan bergizi. Harganya pun murah dan bisa dikreasikan menjadi aneka makanan lezat. Tidak mengherankan deh kalau banyak orang yang menyukai masakan berbahan dasar tahu. Apakah kamu termasuk salah satu penyuka tahu?


Membahas tentang tahu pasti belum lengkap kalau belum menyebut sapo tahu, ya. Restoran Ta Wan adalah restoran keluarga dengan menu andalan sapo tahu enak di Jakarta. Makan bersama keluarga jadi semakin istimewa dengan menu sapo tahu dan aneka variasi seafood khas Ta Wan.
Namun kamu juga bisa kok membuat sendiri sapo tahu favoritmu di rumah. Resep sapo tahu jamur ini bahan-bahannya praktis dan cara membuatnya juga mudah.


Sapo Tahu Jamur
Bahan :
300 gr tahu putih, potong bentuk dadu kurang lebih 1,5 cm
150 gr wortel, dipotong berbentuk serong
50 gr kapri
3 buah jamur kuping, diseduh dan dipotong-potong
4 siung bawang putih, dicincang kasar
½ buah bawang bombay, dicincang kasar
1 ½ sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap asin
1 sdt minyak wijen
2 sdt maizena bubuk yang dilarutkan dengan 1sdt air
2 batang kucai, potong sepanjang 2cm
2 sdm minyak goreng untuk menumis
Garam, gula pasir, dan merica secukupnya
400 ml air


Cara Membuat :

  • Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai matang dan harum.
  • Setelah bawang putih dan bawang bombay matang, masukkan wortel, kapri, dan jamur kuping. Aduk sampai rata kemudian masak hingga setengah matang.
  • Selanjutnya, masukkan kecap ikan, saus tiram, kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan kuahnya mendidih.
  • Saat kuah mendidih, masukkan tahu putih dan larutan tepung maizena lalu masak kembali hingga kuahnya mengental.
  • Terakhir, tambahkan minyak wijen dan kucai. Segera angkat sapo tahu dan sajikan dalam keadaan hangat.

Wah, sepertinya sapo tahu jamur buatanmu sangat menggugah selera, ya. Tetapi kamu harus lebih cermat menyimpan tahu agar tidak mudah basi. Jangan sampai tahu yang sudah kamu simpan di kulkas malah basi dan tidak bisa dimasak. Kamu mesti melakukan beberapa cara ini agar persediaan tahumu tidak cepat basi, ya.


Mencuci Tahu dengan Air Mengalir
Tahu yang baru kamu beli harus lekas dicuci dengan air mengalir. Cuci secara hati-hati supaya tahunya tidak mudah hancur, ya.


Mengukus Tahu Selama 15 Menit
Tahu yang sudah dicuci bersih kemudian harus dikukus selama 15 menit. Proses pengukusan akan mematikan bakteri yang membuat tahu jadi mudah basi. Kemudian jangan lupa mendiamkan tahu yang baru dikukus sampai uap panasnya hilang.


Menyimpan Tahu Dalam Wadah Kaca Bertutup Rapat
Kalau tahu sudah dingin, kamu bisa menempatkannya dalam wadah kaca bertutup rapat. Rendam tahu dengan air bersih hingga permukaannya tertutupi air. Penambahan air ini bertujuan untuk menghentikan proses fermentasi tahu. Selanjutnya, kamu tinggal menutup wadah tersebut dengan rapat dan menyimpan tahu di kulkas. Jangan lupa untuk mengganti air rendaman tahu setiap hari agar persediaan tahumu tetap segar.
 
Sudah memahami cara membuat sapo tahu jamur dan cara menyimpan tahu yang benar, kini kamu pasti makin terampil membuat makanan berbahan dasar tahu, ya. Yuk berkreasi dengan tahu yang lezat dan sehat!